P-I-L-I-H-A-N

            Topik yang mungkin udah basi untuk dibahas. tapi tentu saja nggak akan basi utuk direnungkan. Pilihan.

            Semua manusia dilengkapi dengan otak dan segala kelengkapannya. termasuk kekurangan dan kelebihan yang beragam. tapi mengapa ada manusia yang kemudian dianggap sebagai pahlawan, pelopor, pengemis, sampah atau bahkan perusak? Bukankah ketika manusia itu terlahir segala kesempurnaan telah melekat padanya. Jika pun ada kekurangan, tentu tak akan lebih besar dari jumlah kelebihan dan keindahan serta keajaiban yang dimiliki. Namun setelah ia benar-benar dewasa dalam hidupnya (kita sepakati saja yang dimaksud dewasa di sini berumur 50 tahun ke atas), ia mau ataupun tidak akan menempati sebuah posisi dalam ingatan sekelilingnya.  Baik dikenal sebagai orang yang baik atau buruk, berprestasi atau tidak, sukses atau merugi dan tentu banyak versi lain untuk menggolongkan seseorang. mengapa?

               Coba kita diam sejenak. Segera putuskan untuk terpejam atau tidak. Tentu itu hanya sekedar contoh untuk melukiskan betapabebasnyamanusiamenentukan pilihan dalam hidupnya. Bahkan pilihan terkecil sekalipun, seperti untuk terpejam atau tidak.

                Lantas apa hubungannya dengan menjadi apa kita suatu hari nanti?

                 Tentu karena pilihan untuk kita itulah yang akan menentukan secara kita sadari atau tidak.

           Secara garis besar setidaknya ada dua pilihan dalammenjalankan hidup. Biasanya saya menyebut dengan pilihan egois dan pilihan sejati.

           Pilihan egoisme adalah pilihan yang paling banyak diambil oleh manusia. karena secara psikologi manusia memang akan lebih peduli kepada dirinya sendiri.  Sedangkan pilihan kedua (pilihan sejati) hanya sedikit sekali orang yang mengambilnya. merekalah orang-orang yang mementingkan kepentingan orang lain.

           memang tidak sepenuhnya orang yang mengambil pilihan untuk egois itu salah. karena sekali lagi itu manusiawi.  toh hal itu tidak terlalu buruk. Tapi kalau sampai pada budaya hedinisme itulah yangmenjadi masalah.

One thought on “P-I-L-I-H-A-N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s