Nonton Garasi “TUK”

Nonton Pertunjukkan Teater Garasi “TUK”

Pertama menginjakkan kaki di arena pertunjukkan, sangat terasa nama besar teater Garasi yang telah lama berproses di Jogja. Nama besar tersebut terbukti dari banyaknya penonton hingga melebihi kapasitas. Luar biasa untuk ukuran teater.

Malam itu pementasan berjudul  TUK (mata air). Konon pementasan tersebut adalah proses terakhir teman-teman yang berlatih soal keaktoran di Teater Garasi selama enam bulan, waktu yang relatif singkat untuk sebuah proses.

Saya memang bukan seorang ahli teater, saya hanya seorang penikmat yang masih terlampau awam soal olah rasa dalam jagad teater. Sehingga yang saya kagumi adalah kemasan pertunjukkan, mulai dari liflet, stiker, kamera, tayangan melalui layar bagi pengunjung yang tak kebagian kursi, keramahan panitia, tata panggung yang elegant dan hal-hal eksternal pertunjukkan lainnya. tapi sayang, saya belum mampu menangkap emosi dari pertunjukkan tersebut. Meskipun itu hanya sebuah program akhir (untuk latihan aktor), tapi tentu saja sangat sayang jika tidak dimaksimalkan. Terlebih dengan nama-nama sponsor yang super besar dan mungkin juga kucuran dana yang tidak sedikit.

Saya memang beberapa kali ikut hanyut dalam tawa karena gaya kocak permainan, tapi sungguh setelah tawa itu tenggelam greget pementasan kembali memudar. Tetapi lagi-lagi  saya harus jujur bahwa saya tidak paham, apakah yang kurang dari pertunjukkan tersebut. Apakah emosi aktornya yang dangkal atau terlalu meluap hingga hilang kontrol, apakah aktor belum mampu menyatukan diri dengan karakter yang dimainkannya, atau karena saya yang benar-benar tak paham soal teater sehingga tidak bisa merasakan hal tersebut.

120108

One thought on “Nonton Garasi “TUK”

Tinggalkan Balasan

