Habib Noval Paparkan Tugas Orang Tua

Muslimedianews.com, Solo~ Seperti Jumat malam biasanya, tadi malam (15/11/2013) Markas Besar Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhah dipadati jamaah yang datang dari berbagai kota. Bahkan, terdapat rombongan jamaah yang datang dari Pati. Kedatangan mereka tentu saja bukan tanpa alasan, mengingat malam tadi diselenggarakan majelis rutin yang dilaksanakan tiap Jumat malam.

Gambar
Setelah pembacaan surat Yasin, Habib Noval bin Muhammad Alaydrus mengajak jamaah yang hadir untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, beliau pun menjelaskan jika manusia sebelum ada di rahim ibu menempati alam ruh. Menurut penjelasan pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhah tersebut, satu ruh manusia itu ukurannya jauh lebih besar dari jasad. Terlebih ruhnya para rosul dan nabi.
 
Di alam tersebut, ruh tiap manusia mengiyakan bahwa Allah SWT adalah illah bagi seluruh alam. Oleh karena setiap ruh pada dasarnya beriman, tidak ada sebutan bayi lahir dalam kondisi kafir. Merekapun mendapatkan jaminan sorga jika meninggal di usia kecil. Sayangnya, manusia lupa dengan kondisinya ketika berada di alam ruh.
Oleh sebab itu, tugas pertama orang tua ketika bayi lahir adalah menyuarakan adzan di telinga kanannya dan iqomah di telinga kirinya. Anjuran tersebut salah satunya berfungsi sebagai pengingat jika ia dulunya di alam ruh beriman kepada Allah SWT dan mematuhi tiap perintah-Nya. Oleh karena menjadi pengingat, tugas orang tua tidak berhenti pada adzan dan iqomah tersebut. Orang tua perlu mengingatkan dan mengajarkan terus menerus ihwal tauhid kepada anak. “Lailaha illalloh, Lailaha illalloh, Lailaha illalloh, Noval waliulloh. Begitu dulu ‘nyanyian’ nenek dan ibu saya ketika saya bayi” kisah murid Habib Anis tersebut kepada jamaah mengenai doa yang disenandungkan orang tuanya ketika beliau masih kecil.
Sayangnya, sekarang banyak orang tua yang justru mendendangkan kepada bayinya lagu-lagu yang sedang hits. Sehingga ketika dewasa mereka akan langsung berjoged ketika mendengar  lagu pop maupun dangdut. Hal itu terjadi karena itulah yang diingatkan para orang tua ketika anak mereka masih bayi.
Untuk terus membuat jamaah dalam kondisi ingat kepada peristiwa di alam ruh, Habib Noval bin Muhammad Alaydrus menganjurkan jamaah untuk terus memperbanyak dzikir “La ilaha illalloh”. Bahkan, tadi malam beliau memberi ijazah dzikir tersebut sebanyak 366 x/hari.

Apabila ingin mendengar kajian selengkapnya dari Markas Besar Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhah tadi malam, silahkan unduh mp3-nya melalui https://archive.org/download/mp3arraudhah/KajianArRaudhahDzikirLaIllahaIllaallah15November2013.mp3

Penulis & foto ilustrasi: Pekik Nursasongko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s